Sabtu, 17 September 2011

kelubi asem manis pedes...

hari ini, tanggal 17 september 2011, ii ku pulang dari pontianak, dia membawa oleh2 kelubi, kira-kira sebanyak 40 butir, mungkin ga semua orang tau buah ini, tapi disini akan ku berikan sedikit gambaran, beserta cara memasaknya.

kelubi (Eleiodoxa conferta) adalah buah dari keluarga Arecaceae yang masih kerabat dekat dengan salak dan palem. Saat ini keberadaannya cukup langka, kata mama mungkin hanya tersisa di belitung, dan pontianak, biasa disana mereka disebut salak hutan. buah ini mempunyai bau yang khas, dari baunya saja sudah sangat terasa asem nya. kelubi sangat jarang dimakan dalam kondisi mentah, kebanyakan mereka mengolahnya dahulu menjadi manisan.
tetapi berbeda di keluarga ku yang sangat hobi yang asem asem. berikut adalah cara pembuatan kelubi asem manis pedes, versi nyokap.


kelubi dikupas kulitnya, sesudah di kupas, diberi garam, diaduk dan didiamkan minimal 1jam. lalu dibilas 1x aja. masukan kelubi ke panci, harus yang stainles, agar tidak merusak warna akhir. rebus dengan air kira2 setengah terendam, tambahkan gula beberapa sendok, setelah cukup lama direbus, air tersebut dibuang. masak lagi, kali ini dengan air dan gula yang lebih sedikit dan buang airnya lagi.
terakhir tambahkan gula beberapa sendok, masak hingga semua kelubi menjadi merah.



kelubi asem manis pedas pun siap disajikan, lebih nikmat dimakan saat hangat(baru dimasak), tetapi saat dingin(setelah disimpan di kulkas) juga mantap.
cobain satu biji, dijamin bisa berdampak :

  • mata mejem
  • bibir jeber
  • lidah melintir
  • air liur terproduksi lebih banyak
  • keringat bercucuran

yang mau silahkan pesan, biar senin bisa aku bawain....

Tidak ada komentar: