Rabu, 14 September 2011

kumpul kelapa kampit 2011

perkumpulan warga belitung ini rutin diadakan setiap tahunnya, dan pada tahun ini diselengarakan pada Senin, 12 september 2011, di gedung hall lantai 3, gedung MGK, kemayoran.
ini adalah kehadiran pertamaku ke acara rutin ini, karena diajak mama. aku datang naik motor. akhirnya sampai cukup telat skitar jam setengah 8, tapi tidak terlalu telat untuk kehabisan makanan.
pada awalnya cara memang tidak terlalu jelas, karena para pesertanya juga saling sibuk beramah tamah, acara hanya diisi dengan nyanyian, baik dari penyanyi yang disediakan panitia, maupun dari peserta yang ingin menyumbangkan suaranya.
awalnya aku cuek saja, hanya makan sendiri, karena mama sedang asyik chit chat dengan orang2 secara silih berganti. setelah makan saya hanya berdiri (karena tempat duduk sangat terbatas), sandaran di pinggir tembok, sambil tengak tengok. yah, cukup kecewa karena sangat sedikit anak muda yang hadir, bahkan bisa dihitung dengan jari..

acara ini cukup unik karena MC membawakannya dengan bahasa khek, meskipun kadang ditambahkan bahasa mandarin dan bahasa indonesia,,

sekitar jam 9 malam, aku merapat ke barisan depan karena katanya akan diadakan kuis berhadiah. di dalam hati aku berfikir, wah hadiahnya kecil kecilan nih, mungkin uang 50rb atau mungkin 100rb.
dia mengeluarkan sebuah angpao, dan memulai kuisnya:
"di dalam angpao ini ada kertas berwarna apa?" (menggunakan bahasa khek)
aku pun menjawab, biru biru, ada yang bilang fung, lam bong, dan lain-lain, akhirnya satu orang maju ke hadapan MC, dan menjawab, "Merah", ya dia benar, dia boleh membawa angpao tersebut..

akupun penasaran, ingin segera memburu angpao selanjutnya.
pertanyaan selanjutnya, berhadiah angpao juga, tema: "suara apakah ini"
MC bersiul, para peserta menjawab burung. burung hantu, dll, banyak suara disana, tapi jawaban tersebut salah, kemudian MC menirukan suara kucing, miauw, miauw... peserta pun menjawab kucing, kucing...
lagi-lagi MC berkata salah.
MC sekarang mengonggong, peserta pun menjawab anjing, ternyata ada 2 orang langsung maju kedepan dan menjawab dengan benar, ya ternyata jawabannya adalah suara manusia.
cukup bete mendengar nya, tapi memang benar itu suara manusia. angpao tersebut dibuka dan dibagi 2, ternyata isinya adalah, 400 ribu rupiah, jadi masing-masing mendapatkan 200ribu,
arghh.... aku baru saja kehilangan 400 ribu, karena tidak tau kalau itu suara manusia, aku merasa jadi orang terbodoh hari ini...

aku semakin bernafsu mendapatkan uang, haha.... angpao ke3 pun dikeluarkan, terlihat jelas ada setumpuk uang dibalik angpao tersebut,
MC berkata, silahkan 8 orang maju ke depan, boleh siapa aja, perempuan, laki-laki, tua, muda silahkan maju.
aku maju paling pertama, sungguh tanpa malu, cukup pasang muka tembok sajalah. haha..
kami pun dibariskan secara horizontal, saya orang ke 2 terdekat dari MC.
MC mengadu kehebatan kontestan, dia meminta tiap orang berkata "satu biru, dua biru, tiga biru, dan seterusnya hingga sepuluh biru" dengan benar dan cepat.
baik sepertinya tidak terlalu sulit untuk ku, mengingat musuh2 disekitarku adalah ibu2 dan bapak2.. empug lah pokoknya.

pertandingan pun dimulai, orang pertama berhasil menyebutkan dengan benar, namun kecepatannya cukup lambat. kini giliranku yang tampil. aku memegang mic, lalu ngambil nafas dalam2, kusebutkan satu biru, hingga sepuluh biru, dalam satu tarikan nafas, cepat dan benar.
sebelum ke kontestan ke tiga, saya dan ibu sebelum saya, diadu terlebih dahulu, penonton pun memihak kepada ku. aku pun cukup senang dengan keputusannya.
lalu pertandingan dilanjutkan ke kontestan ke 3, gagal, ke 4 sampai ke 8 gagal smua, mungkin mereka gugup dan tertuntut untuk berkata cepat untuk mengalahkan aku.
mereka gagal karena salah menyebutkan kata biru, tertukar dengan ribu.

akhirnya gelar pemenang diberikan padaku, tetapi tidak dengan angpaonya, MC berkata, biar adil hadiahnya dibagi 8 yah, angpao itu dibuka, dan keluar 400ribu rupiah, sedihnya saya hanya mendapat 50ribu, dimana sebanding dengan mereka yang kalah. sempat tidak bisa menerima keputusan ini, tapi mengingat ini adalah acara perkumpulan yang sangat menjunjung tinggi nilai kekeluargaan, aku memilih menerimanya dengan ikhlas.

ternyata MC mengeluarkan angpao terakhirnya, emosi ku pun semakin membara, kali ini..... ya kali ini aku benar benar harus mendapatkan angpao tersebut.
MC bercerita (aku berkonsentrasi): ada seorang yang gendut dan gemuk, dia ingin sekali menurunkan berat badannya, akhirnya dia membeli timbangan berat badan, (diperagakan seperti diinjak), dan juga dia mengenakan kain untuk mengkompres perut.
pertanyaannya, "untuk apa kain pengompres perut itu digunakan?"
banyak jawaban pun disebutkan, seperti "biar bajunya muat" biar cepet kurus" biar makannya dikit, dll"
belajar dari pengalaman sebelumnya" kuis ttg suara manusia, aku jadi sadar kalau jawabannya pasti sesuatu  yang unik, bukan jawaban biasa(BJB).
ya, setelah beberapa detik saya tau jawabannya, saya maju kedepan dan menjawab dihadapan MC. ternyata benar, kain kompres itu digunakan untuk mengecilkan perut agar bisa melihat meteran timbangan. karena sebelumnya terhalang oleh perutnya, karena dia sangat gendut.
yes, berhasil, senang sekali rasanya, aku bisa menjawab pertanyaan tersebut dan berhasil membawa pulang angpao tersebut. dan itu adalah angpao terakhir.
acara dilanjutkan dengan pembagian doorprize, setelah 10 nomor dibacakan, acara diselingin dengan tarian bermusik dansa + salsa oleh anak laki2 dengan adiknya perempuan mungkin skitar 6 dan 8 tahun, sungguh memukau, sayang saya tidak sempat merekam tarian tersebut.
acara dilanjutkan pengambilan nomor doorprize. nomor ku adalah 0038. Berikut adalah urutan nomor2 doorprice yang keluar, dari hadiah paling murah hingga paling mahal:
0207, 0079, 0308, 0503, 0101, 0453, 0058, 0324, 0245, 0346, 0243, 0490, 0201, 0339, 0226, 0505, 0055, 0306, 0458, 0325, 0255, 0479, 0103, 0329, 0010, 0017, 0059, 0034, 0158, 0466.
doorprize utamanya adalah (ke 3): tv plasma 19 inch, dan doorprize terakhir (ke2 dan ke1) mendapatkan HP, spertinya blackberry.
Sayangnya aku tidak berhasil mendapatkan doorprize tersebut. Namun itu tidak menjadi masalah, aku tetap senang. Di akhir cerita ini aku ingin mengucapkan trimakasih kepada panitia dan seluruh perkumpulan kelapa kampit, aku akan hadir lagi tahun depan, tentunya dengan misi mulia, ingin memenangkan semua angpao yang akan dilombakan... :D

*seluruh acara ini mulai dari sambutan, kuis, sampai penyebutan nomor doorprize menggunakan bahasa khek sebagai bahasa pengantar.

Tidak ada komentar: